Wednesday 28 September 2016

Dahsyatnya Manfaat Bersholawat

Assalamualikum Wr.Wb.

            Selamat siang para pecinta sholawat, setelah sekian lama tidak posting karena habis ulangan tengah semester, dan juga kesibukan lainnya, apalagi ini sudah memasuki praktek kerja lapangan (PKL) tahap 2, jadi jarang posting, dan kali ini saya akan post tentang dahsyatnya bersholawat,

              Salah satu indikasi dari kecintaan orang-orang beriman kepada Baginda Nabi Muhammad SAW adalah mereka senang membaca shalawat kepada Nabi Saw. Selain karena rasa cinta kepada Nabi Saw, membaca shalawat untuk Nabi Saw adalah perintah Allah kepada Orang-orang beriman, di mana Allah sendiri melakukan juga malaikat-NYA.

             Hal tersebut ditegaskan dalam Al-Qur’an surah al-Ahzab ayat 56: “Sesungguhnya Allah dan malaikat-malaikat-Nya bershalawat untuk Nabi. Hai orang-orang yang beriman, bershalawatlah kamu sekalian untuk Nabi dan ucapkanlah salam kepadanya dengan penuh penghormatan.”
Membaca shalawat punya kandungan arti yang berbeda. Jika Shalawat datang dari Allah berarti pemberian rahmat, jika datang dari malaikat berarti memintakan ampunan, dan jika shalawat datang dari orang-orang beriman berarti mereka berdoa untuk diberi rahmat.

Membaca Shalawat Nabi, selain sebagai perintah langsung dari Allah SWT, yang mana Allah dan para Malaikat mencontohkannya, sesungguhnya ada banyak manfaat membaca shalawat Nabi.
 Image result for pentingnya membaca sholawat

Menfaat pertama: Allah mengabulkan doa orang-orang yang membaca Shalawat Nabi. Rasulullah Saw bersabda, “Apabila salah seorang di antara kamu membaca shalawat, hendaklah dimulai dengan mengagungkan Allah Azza wa Jalla dan memuji-Nya. Setelah itu, bacalah shalawat kepada Nabi. Dan setelah itu, barulah berdoa dengan doa yang dikehendaki.” (HR Ahmad, Abu Dawud, dan Tirmidzi).
Dalam hadits yang lain, “Setiap doa akan terhalang (untuk dikabulkan) hingga dibacakan shalawat kepada Muhammad dan keluarganya.” (HR Thabrani).

Manfaat kedua: Allah bershalawat 10 kali untuk orang yang membaca Shalawat Nabi. Ingat, jika shalawat datang dari Allah artinya adalah rahmat Allah. Ini berarti Allah memberi 10 rahmat untuk orang yang bershalawat. Rasulullah SAW bersabda, “Barang siapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali.” (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

Manfaat ketiga: Orang yang membaca Shalawat Nabi diangkat derajatnya. Pada suatu pagi Rasulullah tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahnya. Para sahabat bertanya, “Ya Rasulullah, pagi ini Engkau tampak bahagia seperti terlihat dari kecerahan wajahmu.” Beliau bersabda, “Memang benar. Semalam aku ditemui oleh seorang utusan Tuhanku Yang Maha Agung. Dia berkata, ‘Barang siapa di antara umatmu yang bershalawat kepadamu sekali, maka Allah menuliskan baginya sepuluh kebaikan, menghapuskan dari dirinya sepuluh keburukan, meninggikannya sebanyak sepuluh derajat, dan mengembalikan kepadanya sepuluh derajat pula’.” (HR Ahmad).

Manfaat keempat: Orang yang membaca Shalawat Nabi dikumpulkan di surga bersama Nabi. Rasulullah SAW bersabda, “Manusia yang paling berhak bersamaku pada hari kiamat ialah yang paling banyak membaca shalawat kepadaku.” (HR Tirmidzi).

Manfaat kelima, Orang yang membaca Shalawat Nabi akan mendapatkan syafaat Nabi. Rasulullah SAW bersabda, “Sesungguhnya orang yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali. Lalu, mintalah kepada Allah wasilah untukku karena wasilah adalah sebuat tempat di surga yang tidak akan dikaruniakan, melainkan kepada salah satu hamba Allah. Dan, aku berharap bahwa akulah hamba tersebut. Barang siapa memohon untukku wasilah, maka ia akan meraih syafaat.” (HR Muslim).

            Itulah beberapa manfaat dari bersholawat, sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari sholawat. jadi mulai sekarang jadikanlah  Nabi Muhammad SAW sebagai idolamu, seseorang yang kamu cintai dan banggakan, agar kelak bisa mendapat syafa'at dari beliau, Aamiin.
Wassalamualaikum Wr.Wb

0 komentar

Post a Comment