Tuesday 9 August 2016

Kritik Seni Musik

Assalamualaikum Wr. Wb.
dari pada lama ngga nge post sekalian nunggu update-an sholawat mending saya posting tugas sekolah saya waktu kelas XI, "kritik seni musik", sedikit keluar jalur tapi tetap sama hubunganya dengan musik :p ohh iya.. kalau mau update langsung sholawat silahkan kunjungi  http://wahyu-musbikhin.mywapblog.com/  jujur saya juga download disitu :v.. terimakasih mas wahyu musbikhin..




KRITIK MUSIK






DIBUAT OLEH :
                                          Nur Rohmat Prastiyo Aji



XI TEKNIK KOMPUTER JARINGAN 2

SMK NEGERI 1 PEMALANG
KRITIK SENI MUSIK
Festival & Lomba Seni Siswa Nasional
Jenjang SMK
Tingkat Provinsi Jawa Tengah Tahun 2015


Festival dan lomba seni musik pementasan band yang diikuti oleh Beberapa SMK di Provinsi Jawa Tengah dan dilaksanakan di Asrama Haji Semarang pada tahun 2015. SMK N 1 Pemalang yang memiliki Lavatorium Band juga ikut serta dalam lomba tersebut. Band yang beranggotakan 5 personil ini terdiri dari sang vokalis bernama Agatha Eka Indah Puspita Rini, Wiwit Wijayanto Putra Pemain Drum, Widi Baskoro Aji sebagai pemegang gitar melodi, kemudian Bara Ramadhan sebagai Pemain Keyboard, dan yang terakhir Mustaqim sebagai pemain gitar bass.
Dalam penampilanya lavatori band memakai kemeja putih dengan dasi kupu-kupu dan juga celana panjang hitam kecuali sang vokalis yang memakai baju batik.
Lagu yang dibawakan terdiri dari 2 lagu yaitu “Zamrud Khatulistiwa” dan “ Panah Asmara”. Lagu Zamrud Khatulistiwa merupakan lagu yang pernah di populerkan oleh Alm.Chrsye sedangkan Panah Asmara sendiri di populerkan oleh Afgan. Selain 2  lagu tersebut lavatori band juga menampilkan instrumen lagu gambang suling sebagai tambahan. mereka berhasil meraih juara harapan 2.

Selain SMK N 1 Pemalang, ada juga Grup Band asal SMKN 1 Purbalingga yang juga ikut serta dalam lomba tersebut. Personilnya terdiri dari 5 orang yaitu seorang vokalis, pemain drum, pemain gitar melodi, pemain gitar bass, dan juga pemain keyboard. Dalam penampilannya grup band ini memakai jas dan juga celana hitam sedangkan vokalis memakai pakaian warna merah dengan desain mirip marching band.
 Grup band ini menyanyikan lagu Laskar Pelangi yang pernah di populerkan oleh grup band Nidji. Grup band dari SMK N 1 Purbalingga ini berhasil meraih juara 1.

            SMKN 1 Pemalang dengan band kebanggaan mereka Lavatori band membawakan 2 buah lagu. Yang pertama adalah lagu Zamrud khatulistiwa dari Alm.Chrisye.dengan tempo yang cepat dan instrumen yang menarik mereka membawakan lagu ini dengan melodi yang indah  selain itu mereka juga membawakan lagu panah Asmara dengan Aransemen yang berbeda juga dari yang aslinya. Dari mulai tempo, mereka membawakan lagu ini dengan tempo yang cepat sedangkan dinamika yang mereka mainkan nyaring dan juga energik berbeda dengan lagu aslinya yang di populerkan oleh afgan yang temponya cenderung sedang dan dinamikanya lembut.

Sedangkan grup dari SMK N 1 Purbalingga yang membawakan lagu berjudul laskar pelangi dengan intrumen yang sangat berbeda dengan aslinya dan lebih menarik dari lagu yang sebelumnya. Dengan tempo yang energik dan cepat mereka memberikan warna musik yang berbeda dari lagu sebelumnya. Selain itu mereka juga memainkan dengan melodi yang mengesankan dan harmoni yang tertata rapi.dengan menyelipkan sedikit instrumen jawa pada bagian terakhir membuat lagu mereka lebih indah dan menarik.
            Lagu yang di bawakan oleh SMK N 1 Pemalang yang berjudul Zamrud Khatulistiwa memiliki makna atau arti kebanggaan seseorang karena tinggal di indonesia Karena negara kita terletak di garis katulistiwa yang merupakan letak strategis yang memiliki 2iklim panas dan hujan, negara INDONESIA merupakan sebuah negara yang amat subur, dari beraneka ragam tumubuhan dan hewan.
Kemudian dari lagu panah asmara memiliki makna seseorang yang sedang jatuh cinta dan ia berani mengungkapkanya namun seseorang yang dicintai belum memberikan jawaban atas pernyataan cintanya.
Kemudian dari lagu yang dibawakan SMK N 1 Purbalingga yaitu laskar pelangi memiliki makna jangan pernah takut untuk bermimpi, bermimpilah setinggi tingginya karena mimipi merupakan “kunci” yang bisa kita gunakan untuk menghadapi kehidupan dunia yang keras.namun untuk mewujudkan mimpi itu butuh perjuangan yang keras di ibaratkan jika kita ingin sebuah mutiara maka kita harus berani untuk menyelam di lautan yang dalam.
            Grup Band SMKN 1 Pemalang yang merupakan juara harapan 2 memiliki kelebihan yaitu mampu mengkolaborasikan antara musik pop dan juga musik tradisional, selain itu instrumen mereka juga menarik. Untuk kekurangannya yaitu vokalis yang kurang menguasai panggung dan juga kurang komunikasi dengan pemain musiknya.
Untuk SMK N 1 Purbalingga yang menyandang gelar juara 1 dalam kompetisi tersebut juga memiliki kelebihan yaitu Aransemen lagu laskar pelangi yang sangat menarik dan menghibur serta vokalis dan pemain band yang sangat ekspresif. Untuk kekurangannya yaitu pada karena vokalis yang ekspresif itu sedikit mengganggu alangkah baiknya untuk sedikit mengurangi.
Masing masing peserta pasti memiliki kelebihan dan kekurangan maka dari itu untuk SMK N 1 pemalang harus meningkatkan kemampuan dan terus belajar ahar menjadi lebih baik lagi.sedangkan untuk SMK N 1 Purbalingga harus tetap terus belajar dan terus berkarya. 

oke,, barangkali bisa buat referensi :p semoga bermanfaat :)
Wassalamualaikum wr.wb

0 komentar

Post a Comment